Azmijar Anwar  Waleuru, PKK Wujudkan Keluarga Sejahtera


“Dalam mewujudkan keluarga kecil bahagia dan sejahtera,dengan 10 program pokok PKK mampu pula meningkatkan kapasitas sumber daya manusia untuk mengembangkan kualitas keluarga,” ujar Ketua Tim Penilai Lomba Desa Terbaik Pelaksana 10 Program Pokok PKK Tingkat Provinsi Maluku Azmijar Anwar Waleuru dalam acara pembukaan di Desa Waturu Kecamatan Nirunmas Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Sabtu (27/11/2021).

Waturu, Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga, disingkat PKK adalah organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan wanita untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia. PKK terkenal dengan 10 program pokok untuk mewujudkan keluarga sejahtera dan harmonis.

PKK telah menunjukan hasil kegiatan yang cukup baik serta dapat meningkatkan kepedulian dan peran serta keluarga dalam membangun keluarga sejahtera yang meliputi keagamaan, sosial, budaya, cinta kasih, pendidikan, ekonomi dan kesehatan.

“Dalam mewujudkan keluarga kecil bahagia dan sejahtera,dengan 10 program pokok PKK mampu pula meningkatkan kapasitas sumber daya manusia untuk mengembangkan kualitas keluarga,” ujar Ketua Tim Penilai Lomba Desa Terbaik Pelaksana 10 Program Pokok PKK Tingkat Provinsi Maluku Azmijar Anwar Waleuru dalam acara pembukaan di Desa Waturu Kecamatan Nirunmas Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Sabtu (27/11/2021).

Sebagai ketua tim penilai lomba desa tingkat provinsi khusus di Kabupaten Kepulauan Tanimbar Azmijar Waeluru mengatakan, gerakan PKK dilaksanakan secara berjenjang mulai dari Tim Penggerak PKK Pusat, Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, Kelurahan, Desa, RW, RT dan Dasawisma sebaga iujung tombak keberhasilan dalam penyampaian informas ipembangunan sehingga penjabaran dan implementasi sesuai visi misi PKK.

Dengan dilakukan penilaian 10 program pokok PKK di harapkan Tim Penggerak PKK Kecamatan dan Desa dapat lebih maju dan mandiri dalam keikutsertanya untuk mewujudkan keluarga yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhla kmulia, berbudi luhur, sehat, sejahtera lahir dan bathin.

Mewakili Widya Pratiwi Murad selaku Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Maluku, Azmijar Waeluru mengajak seluruh komponen PKK dari tingkat kabupaten sampai tingkat desa untuk melaksanakan program kerja untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang 10 Program Pokok PKK.

Penilaian Lomba Desa Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok PKK lebih menitik beratkan pada tertib administrasi PKK dan kegiatan-kegiatan Pokja I,II,III,IV sesuai hasil Rakernas IX tahun 2021.

Selanjutnya Az Waeluru menghimbau kepada tim penggerak PKK Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Kecamatan Nirunmas, Desa Waturu agar jangan jadikan ajang lomba ini untuk mendapat juara, namun pelaksanaan pembinaan secara berjenjang harus terus menerus di laksanakan untuk mencapai hasil yang maksimal sesuai dengan visi-misi PKK.

Di sela-sela kegiatan penilaian oleh Tim Penilai Provinsi Maluku, Az Waeluru sebagai ketua tim memberikan apresiasi kepada panitia yang telah mempersiapkan perlombaan ini secara maksimal.

“Desa ini cukup asri, nyaman, juga luar biasa.Kemudian atas partisipasi masyarakat dari dinas terkait, semua OPD-OPD dan juga semangat dari masyarakat ini untuk membangun negeri dan saling mendukung dari desa-desa tetangga, jadi memang cukup baik.” Jawabnya singkat.

Secara terpisah Ketua TP PKK Kabupaten Kepulauan Tanimbar Joice Fatlolon/Pentury berharap semoga desa Waturu menjadi yang terbaik sama seperti desa Meyano Bab yang juga mewakili kabupaten dan keluar sebagai pemenang pertama tahun 2020.

“Harapannya semogaa desa Waturu juga menjadi pemenang pertama,” sebut Joice.

Joice Fatlolon juga berharap lomba ini dapat merubah pola hidup dan perilaku masyarakat terhadap penerapan 10 program pokok PKK yang pada akhirnya mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga.

“sehingga kalau keluarga sudah sejahtera, desa akan sejahtera, kecamatan sejahtera, kabupaten, propinsi bahkan Negara akan sejahtera di mula idari PKK dengan ujungtombaknya dasawisma yang ada di desa.” Pungkasnya. (Kominfo 015)
 


Share post ini: